Laman

Sabtu, 08 Oktober 2011

Navigasi Darat GM XXI

Sabtu, 24 September 2011

Akhir minggu ini saya isi dengan mengikuti materi Navigasi Darat KMPA Ganesha ITB sebagai Gladi mula XXI saya sangat excited mengikutinya. Kegiatan berlangsung selama dua hari yang diisi dengan kegiatan hiking bukit dan gunung dan juga camping di sebuah kebun teh di dekat gunung tangkuban perahu. Perjalanan dimulai pada pukul 08.15 dari sekre KMPA Ganesha ITB yang terletak di Institut Teknologi Bandung. Sebelum berangkat kami semua harus memastikan barang bawaan kami sudah siap dan lengkap untuk dibawa mulai dari alat tulis, makanan, sleeping bag, ponco, matras, kompas, misting, baju ganti dan juga obat-obatan harus sudah ada di dalam carrier kami. Setelah mengecek persiapan kami akhirnya kamipun berangkat menggunakan angkutan umum menuju kebun teh di dekat gunung tangkuban perahu. Perjalanan menuju ke kebun teh menghabiskan waktu kurang lebih satu jam yang membuat kami sangat mengantuk dan beberapa gladi mulapun akhirnya tidur selama perjalanan tak terkecuali saya. Ketika bangun mata saya dimanjakan dengan perkebunan teh yang luas di atas bukit-bukit yang besar dan megah diselimuti permadani hijau yang sangat memanjakan mata belum lagi udara sejuknya yang menghilangkan penatnya kesibukan kuliah seminggu ini. Setelah sampai kamipun segera bergerak ke atas bukit untuk memulai materi navigasi darat. Sebelum terjun langsung dengan peta dan kompas kami diajarkan terlebih dahulu oleh dua orang KMPA G mengenai navigasi dan menggunakan kompas.Setelah itu, dengan dibimbing oleh satu KMPA G kami pun memulai petualangan kami mencari peta poin yang di letakan tersembunyi yang hanya ditunjukan oleh peta kontur yang rumit. Mendaki bukit yang panas menjadi hal yang sangat menyenangkan dan tak terlupakan apalagi ini pengalaman pertama saya. Ditemani dengan dua orang teman baru saya akhirnya kamipun menjelajah jauh sekali namun kami menemukan pemandangan yang indah sekali dari atas bukit. Walaupun kami gagal menemukan poin tersebut namun bagi kami tetap saja menyenangkan. Pukul 15.00 kami harus mengakhiri perjalanan kami dan kembali untuk mendirikan camp.

Pukul 20.00 kami sudah selesai mendirikan camp. memasak, makan dan solat setelah itu, kamipun segera membuat api unggun untuk malam keakraban antara gladi mula dan KMPA G. Dibawah langit yang bertabur banyak sekali bintang yang sangat indah acarapun berlangsung sangat hangat. Karena kami semua sudah sangat lelah kamipun akhirnya terlelap tidur di camp masing-masing.

Besok paginya kamipun menyiapkan sarapan dan persiapan untuk hiking ke gunung tangkuban perahu.

Minggu, 25 September 2011 pukul 09.30 kamipun memulai pendakian kami menuju puncak gunung tangkuban perahu. Dimulai dengan pendakian yang sangat melelahkan melewati semak-semak berduri yang menyelimuti dari sisi kanan dan kiri kami. Namun tak lama kami melakukan pendakian terjal di antara semak-semak berduri akhirnya kami sampai di hutan yang lembab dan sedikit berlumut, sayangnya saya tidak membawa kamera karena banyak sekali objek yang sangat bagus untuk diabadikan.
Namun ditengah perjalanan kami bermasalah dengan masalah perizinan dan dengan terpaksa tidak dapat meneruskan perjalanan ke puncak tangkuban perahu. Walaupun sedikit kecewa namun tetap saja kebersamaan membuat kegiatan kali ini terasa sangat mengasikkan dan kami pun mengakhiri perjalanan ini kembali ke sekre KMPA Ganesha.